Jumat, 29 Maret 2013

JR #9 STARUP

Alhamdulillah akhirnya aku kembali lagi ke hongkong setelah 16 hari tinggal di macao menunggu visa. Waktu luang yang sangat menjenuhkan tanpa aktivitas apapun yang dapat kulakukan kecuali makan, tidur dan main. Aku sangat khawatir setiap saat yang kupikirkan tentang tugas-tugasku dari PER BACTH 2 yang belum bisa ku kerjakan. Namun kini aku sudah merasa lega setelah visa turun dan kembali lagi ke hongkong semua kembali seperti keadaan semula dan saya bisa belajar lagi alhamdulillah.....

Minggu ini kita belajar tentang konsep kompetisi sembari bekerja sama 
Banyak perusahaan sekarang ini yang mengalami ketakutan. Entrepreneur merasa paranoid, ketakutan yang melebihi batas wajar karena bahkan membuat mereka mencurigai rekan bisnis mereka akan mencuri atau merongrong usaha mereka.


Ketakutan tersebut membuat mereka lupa bahwa kerjasama kreatif dan saling menguntungkan bisa menjadi peluang terbaik untuk menggenjot pemasukan dan mempertahankan pertumbuhan usaha. Akan tetapi patut disadari pula bahwa ‘berteman dengan musuh’ juga bisa membawa malapetaka karena bisa membuat kita mengalami kerugian. Kita harus mengambil risiko, tetapi tetaplah bersikap cerdas dan taktis.


Tujuan kita sebagai entrepreneur ialah ‘coopetition’, sebuah konsep gabungan antara kerjasama (cooperation) dan persaingan (competition), untuk menemukan cara membangun kerjasama dengan pesaing kita sedemikian rupa sehingga kedua belah pihak dapat secara substansial menikmati keuntungan dari sumber daya pihak lain tanpa harus mencuri pelanggan atau merusak kredibilitas satu sama lain. Ini  merupakan strategi yang bagus bagi usaha kecil menengah atau entrepreneur pemula dan merupakan strategi ekspansi yang patut dicoba bahkan untuk perusahaan yang mapan.


Dulu setelah saya ikut program mandiri sahabatku saya bingung saya ikut belajar ilmu entrepreneur namun saya tdak mempraktekkan ilmu entrepreneur karena saya tidak tau usaha apa yang harus saya lakukan, padahal dalam pikiran ini sudah bergerak ingin melakukan sebuah usaha, Akhirnya saya curhat sama seorang teman yang dia juga mempunyai sebuah usaha, akhirnya saya diajak bekerja sama oleh temen saya itu yaitu bisnis jual baju, usaha sih lancar tugas saya mencari costumer. Namun kerja sama ini tidak berjalan lama karena banyak kendala. Kendala pertama saya yang selalu libur pada hari biasa dan tiap minggu hari libur saya berubah2 harinya membuat saya kesulitan dalam pengambilan produk dan penyerahan produk akhirnya saya kesulitan mendapatkan produk karena hari libur yang tidak sama jadi saya yang rugi waktu dan pulsa. Akhirnya saya mencari solusi lain saya mendapatkan produsen baru hati saya lebih senang karena setiap saat saya libur dan mendapatkan pesanan saya bisa langsung membelanjakan pesanan tersebut. Usaha yang kedua saya juga masih gagal karena kesalahan setrategi saya cuman mencari costumer saja dan tdk langsung saya belanjakan pesanan tersebut membuat saya kesulitan memberikan barang yang sudah dipesan oleh pelanggan akhirnya saya berhenti sesaat untuk  mencari solusi akhirnya saya mendapatkan jalan keluar. Setiap pesanan hari ini saya belanjakan hari ini juga dan pesanan saya berikan pada hari itu juga dan keuntungan langsung saya rasakan pada hari itu juga. Usaha makin hari makin lancar akhirnya semakin lama banyak temen temen lain yang ngajak kerja sama dengan saya, dulu produk yang saya jual hanya baju umum saya namun makin lama makin banyak tawaran dari teman teman sehingga produk saya juga bertambah segmen pasarnya bertambah besar dan keuntunganpun makin meningkat ini juga bisa disebut konsep kompetisi sembari bekerjasama salam entrepreneur.......

INI SALAH SATU PELANGGAN DARI IKA FASIONSHOP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar