Selasa, 05 Maret 2013

JR #6 Cash Flow

Minggu ke 6 ini kita belajar tentang cash flow. Apa itu cash flow ? Cash flow adalah arus keluar dan masuknya uang bisnis agar kita bisa dengan mudah mengetahui kondisi bisnis kita sehat dan tidak sehatnya bisnis yang sedang kita jalankan, Sangat tidak dianjurkan mencampur adukkan uang bisnis dengan uang pribadi, maka dari itu hindari keuangan pribadi dan uang bisnis biar tidak terjadi berantakan untuk mengendalikan bisnis dari gulung tikar.

 Ini suatu contoh cash flow yang pernah saya manajement ketika saya punya usaha dulu. Dulu setelah menikah saya belajar usaha jualan kue dan bakat ini saya dapat dari keahlian ibu saya karena saya setiap hari membntu ibu saya membuat kue akhirnya saya pun tau gimana caranya membuat kue dan ini bisa saya jadikan ladang tempat pencarian uang saya setelah menikah.

Dengan membuat buku catatan arus keluarnya uang usaha kita jadi tau untung berapa saya hari ini dan keuntungan besok bisa ditargetkan. Dan saya bisa tau bahwa kondisi usaha saya sehat dan alhamdulillah selalu untung amin .....

Dan usaha ibu saya juga lebih lancar lagi karena ibu sudah terkenal didaerah saya jadi setiap orang hajatan sampai kampong  dua kecamatan sudah kenal akrab dengan ibu saya karena kuenya yang punya ciri khas dan asli tanpa ditambahi bahan pengawet lainnya. Ibu saya setiap hari mendapatkan pesanan kue dari orang yg punya hajad, pesanan dari sekolah sekolah dari kantor desa yang selalu mengadakan suatu acara acara tertentu dan alhamdulillah saya senang ..... Namun ada yg salah dengan arus kash keluar masuknya uang karena ibu tidak pernah membuat buku catatan sehingga uang usaha yang setiap hari mendapatkan keuntungan dan bisa untuk mengembangkan usahanya justru sering untuk mencukupi kebutuhan dapur jadi itu sebabnya ibu tetap tidak pernah mempunyai tabungan disebabkan kebutuhan dapur yang meningkat setiap harinya.

Sekarang kita belajar menghitung untung ruginya usaha mbk dewi srikandi
BIAYA TETAP
- Bayar gaji karyawan Rp.960/org atau hk$800 dan sebanyak 5 karyawan = Rp 4.800.000 atau hk$4000

perhitungan mbk dewi srikandi dengan memproduksi sendiri keunungan meningkat menjadi $70/bungkus x 100 = hk $7000

BIAYA VARIABEL
- Biaya produksi dan biaya kirim $45/bungkusX100 bungkus = $4,500
Dan mbk dewi sri kandi mampu menjual 100 bungkus per bulan dengan harga $115 = $11,500- dikurangi biaya tetap $4000 bayar karyawan /bln. dikurangi lagi biaya produksi dan pengiriman barang $4,500 jadi mbk dewi srikandi masih mempunyai keuntungan/ laba bersih $3000 /bulan. Bisnis yang sangat menjanjikan. Untuk mbak ratih semoga sukses selalu salam entrepreneur....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar