Rabu, 23 Januari 2013

JR # 2 HATIKU LEBIH TENANG


Untuk minggu yang kedua ini saya merasa hati dan pikiran saya sedikit lebih tenang dan lebih rilex. saya mulai menjalin keakraban bersama teman kelompok dan diskusi bersama dan kita sudah mulai mengenal  temen kita satu sama lain jadi saya sudah tidak merasa sendiri lagi ,,, nah dari sini saya mulai aktif keruang diskusi bersama mereka. kita saling share bila ada kesulitan saya beritahu mereka dan meraka juga membantu kesulitan saya tentang pelajaran yang tidak saya mengerti. saya merasa sangat terbantu sekarang ini dan saya lebih tenang dalam belajar terima kasih untuk sahabatku semua.

Belajar bisa dilakukan dimana saja  tidak harus berada dikelas. contohnya foto ini ya heheheh,,,,,,,,, libur pada hari biasa sendirian tidak punya teman ya kita duduk dibundaran victoria park sambil  belajar.membaca materi dari edmodo biar kelihatan sibuk dan gak terasa kesepian karena yahhh............. libur hari biasa sepiiiiiiiiiiiii...............
Mau jumpa darat sama teman kelompok saja susahnya minta ampunn..............
ya udah jalan sendiri.............
saking semangatnya belajar nih seperti biasa kita akan kembali ke materi minggu kedua apa saja ya yang saya dapatkan dari minggu kedua ini mari kita lanjutkan membacanya ya...
minggu ini kita belajar tentang :

EFFEKTUASI apa itu efektuasi ?
EFFEKTUASI adalah seperangkat prinsip prinsip pengambilan keputusan yang dilkukan oleh entrepreneur dalam mengadapi situasi tidak pasti.
- Alternatif lain dari efektuasi adalah kausalitas (causalty) yang menggambarkan pengambilan keputusan yang berdasarkan pada prediksi.

Proses causa

Proses yang dimulai dengan hasil yang diinginkan dan fokus pada cara untuk mendapatkan hasil tersebut.

Proses effectuasi


Sebuah prosses yng diulai dengan apa yang dimiliki seseorang ( siapa mereka, apa yang mereka tau dan siapa yang mereka tahu) lalu memilih diantara hasil yang mungkin dicapai.

Bayangkan seorang juru masak yang ditugaskan untuk menyiapkan makan malam. Ada dua cara untuk melakukan pekerjaan tersebut tersebut. Pertama tuan rumah atau klien memilih menu terlebih dahulu. Apa yang dibutuhkan juru masak adalah mendaftar bahan bahan yang dibutuhkan,belanja, lalu memasak. Ini adalah proses kausa.dimulai dengan sebuah menu tertentu dan fokus pada peilihan cara yang paling efektif untuk menyiapkan makanan.

Pada kasus kedua , tuan ruman meminta kepada juru masak untuk melihat bahan bahan dan bumbu yang ada didapur lalu meenyiapkan masakan. Disini, juru masak harus membayangkan menu yang mungkin bisa dihasilkan berdasarkan bumbu dan bahan yang ada, memilih menu dan menyiapkan makan malam. Ini adalah proses effectuasi , dimulai dari bahan dan bumbu yang ada , lalu menyiapkan menu satu atau lebih yang bisa dihasilkan.

KOTLER mendefinisikan pasar sebagai berikut : sebuah pasar terdiri atas seluruh konsumen yang potensial  dan mempunyai kebutuhan dan keinginan tertentu yang mungkin dan mampu terlibat dalam terukaran untuk memenuhi kebutuhan  maupun keinginan tersebut. Dengan produk atau jasa tertentu , kotler menyarankan prosedur berikut untuk membawa produk/ jasa kedalam pasar ( perhatikan asumsi kotler bahwa pasarnya telah ada ):
1. Analisa peluang jangka panjang didalam pasar.
2. Lakukan riset dan pilih pasar pasar sasaran.
3.Identifikasi veribel segmentasi dan lakukan segmentasi pasar.
4. Kembangkan profil dari segmen segmen yang dihasilkan.
5. Evaluasi daya tarik setiap segmen.
6. Pilih segmen segmen sasaran.
7. Identifikasi konsep posisi  pasar yang memungkinkan setiap segmen sasaran.
8. Pilih, kembangkan dan komunikasikan konsep posisi pasar yang dipilih.
9. Design strategy pemasaran.
10. Kelola, implementasi dan kontrol upaya pemasaran.
Proses ini didalam pemasaran dikenal sebagai proses STP ( segmenting) sgmentasi (targeting) penentu pasar sasaran dan ( positioning) penentu posisi pasar . 
.
DEFINISI UMUM
EFFEKTUASI adalah sebuah ide dengan ke inginan untuk mencapai tujuan ( a sanse of purpose ) sebuah dorongan untuk memperbaiki dunia dan kehidupan dengan memungkinkan penciptaan perusahaan, market , jasa dan ide ide baru inovatif.

MENGAPA EFEKTUASI PENTING ?
- Apa yang membut seseorag menjadi entrepreneur bukanlah genetika atau ciri-ciri kepribadian tertentu, seperti perilaku yang suka mencari resiko, atau mencari visi yang unik.
-Entreprenur yang berkelanjutan dapat dipelajari menggunakan efektuasi.
-Efektuasi adalah logika yang dapat digunakan baik para entrepreneur
 pemula maupun yang sudah berpengalaman. Dalam hal memulai bisnis  yang sangat sulit diprediksi untuk mengurangi biaya kegagalan dari sorang entrepreneur.

COUSATION VS EFFECTUATION
Fokus pada  pencapaaian tujuan yang diinginkan melalui seperangkat kekayaan/ cara tertentu yang diberikan. Perusahaan mencari dan memilih tak tik yang mendasarkan pada teori manajemen yang paling baik. Pemikir kausal percaya bahwa " jika saya dapat memprediksi masa depan, saya dapat mengendalikannya.

PREDIKTIVE VS  EFFECTUAL LOGIC
-Logika prediktif fokus pada pemanfaatan korelasi antara penyebab dan efek dalam rangka membuat peluang investasi yang diharapkan bisa memaksimalkan keuntungan dimasa mendatang.

-Logika efektual fokus pad sumberdaya intangible ( yang tidak terwujud ), penciptaan bersama dari nilai (value ) dan relationship.


EFFECTUAL PRINCIPLES
-Bird in hand principle muli dari harta atau alat / cara ( means ) yang nda miliki. Jangan menunggu peluang yg sempurna, sgera lakukan tindakan, berdasarkan apa yang bisa anda andalkan : siapa dirimu, apa yang anda ketahui, dan siapa yang anda kenal

-Afordable loss principles Memulai bisnis pada kenyataannya adalah sebuah keputusan investasi. Sebuah cara umum yng digunakan untuk membuat keputusan investasi adalah menghitung NPV( net present value )

DUA LANGKAH PROSES DARI KERUGIAN YANG DAPAT DITANGGUNG

- Langkah pertama adalah sejauh mana anda benar - benar harus memulai bisnis anda. Jadilah kreatif dengan cara yang inovatif agr ide anda diterima pasar dengan menggunakan smua sarana yang tersedia namun kurangi dan gunkan seefisie mungkin ssuai  kebuuhan memulai usaha adalah kuncinya.

- Langkah kedua adalah bertanya apa yang benar benar anda dapat dan siap kehilangan saat memulai sebuah bisnis. Apa yang anda tanggung jika rugi ? Orang cndung berbeda dalam menghitung sumberdaya yang dimilikinya. Misalnya :waktu, tabungan, rumah yang mereka miliki, rekening, kartu kredit , pinjaman dari keluarga teman dan lainnya.

3. LEMONADE PRINCIPLE

* Kejutan selalu terjadi Dunia dimasa depan sepenuhya berbeda dengan saat ini. pra efektuator memahami hal ini. Bahkan lebih baik bisa memanfaatkanny.

* Setiap situasi baru menciptakan kemungkinan" baru dan kemungkinan baru akan mengarah pada sesuatu yang inovatif dan lebih baik dari sebelumnya.

* Entrepreneur mengubah halangan menjadi sebuah peluang dan hal yang tak terduga melalui inovasi

Cari dan dapatkan komitmen pihak lain komitmen adalah kunci dari efektuasi.

PELUANG DAN INOVASI

STEP 1 : DECISION 
- Sekumpulan ide ide bisnis yang malalui proses VERIFIKASI  diputuskan menjadi sebuah peluang bisnis.

STEP 2 : PLANING
- Ide bisnis diperlengkpi dengan BUS STRATEGY, BUS MODEL, dan BUS PLAN 

STEP 3 : EXECUTION
-Bus plan dilaksanakan dilapangan dengan dukungan ENTREPRENEURIAL COMPETENCIES

                                                                 PELUANG

PELUANG adalah  sesuatu yang ditemukan oleh seorang  entrepreneur untuk memecahkan sebuah masalah nyata dalam kehidupan atau untuk meningkatkan NILAI TAMBAH.

                                                               INOVASI

INOVASI adalah menciptakan kreativitas / sentuhan baru yang diterima oleh pasar itu di sebut INOVASI. Bukn hanya menciptakan  sesuatu yang unik saja. 

- Atau bisa dikatakan ,,,,, semua orang bisa mempunyai ide kreatif tetapi belum tentu  idenya itu bisa diterima oleh pasar.

- Kreativitas wajib tetapi tidak hanya menciptakan produk saja
-Produk itu harus bisa diterima pasar ......  itu disebut INOVASI
INOVASI kata kuncinya DITERIMA OLEH PASAR........


BASIC PRINCIPLES OF RETAIL BUSINESS

Prinsip-prinsip dasar membangun bisnis ritel yang hebat

* Siapa yang tidak memberi perhatian besar pada hal yang kecil akan memberi harapan palsu pada hal yang besar.

* Yang detail membuat perumpamaan menjadi mungkin dan kesempurnaan itu bukan hal yang remeh temeh.

Mempelajari retail is detail


- Detail pada awal proses belanja area parkir dan halaman toko
- Kebersihan halaman area parkir

Mengapa halaman toko harus tertata rapi dan sedemikian bersih ?

1. Akan memberi citra baik bagi toko anda. Semua orangsuka melihat lingkungan yang bersih dan tertata baik.

2. Pasir dari halaman anda bisa terbawa sepatu dan alas kaki pelanggan sehingga akan menyumbang lebih cepat banyaknya pasir yang terbawa kedalam toko anda.

3. Halaman toko yang jorok akan mengundang masalah lain.yaitu datangnya lalat, jika anda menjual produk segar maka lalat akan segera masuk karena bau produk yang menyengat akan mengundang lalat masuk ke toko.
Ini sebuah contoh caffe de coral hongkong. Restoran ini menghidangkan aneka makanan siap saji. pelayanannya pun cepat tempatnya pun begitu bersih begitu juga dengan dekorasi ruangan. Tetapi setelah saya perhatikan dengan detail lantai restoran ini begitu kotor sekali pelayan kurang memperhatikan kebersihan lantai dengan detail mungkin sudah terbiasa begitu jadi dianggap bukan masalah lagi.

Detail dalam proses berbelanja

KREATIVITAS & INOVASI DALAM MENGELOLA PELUANG

Kreativitas seakan sebuah kecakapan funda mental yang menjadi dasar dalam banyak hal termasuk didalamnya adalah peluang bisnis. Perjumpaan kreativitas dengan peluang  menghasilakan padanan padanan kata yang perkasa  yaitu penciptaan peluang. Dua kata ini memberikan harapan dan semangat bagi para entrepreneur sebab kalau peluang bisa tercipta  maka bila kita memiliki jasa ( kreativitas  dan bagimana bisnis beroperasi secara mendalam maka peluang selalu dapat tercipta, tidak perlu dicari cari lagi sebab kalau hanya dicari bisa tidak ditemukan.

Penciptaan peluang  peluang adalah sebuah ciri utama entrepreneur ciputra way

Ini menjadi sebuah pembeda yang berhasil mendorong pertumbuhaan yang dramatis bisnis bisnis yang dilkukaan oleh DR.Ir Ciputra bersama kawaan kawannya maupun keluarga.

" Mencipta lebih tinggi dari pada sekedar mencari "


Mengaplikasikan 3 prinsip berikut ini :

1. Opportunity seeking ( mencari peluang )
2. Inovator                   ( inovator )
3. Calculate risk taker   ( mengambil resiko )   
dan dirubah menjadi :
1. Oportunity creator   ( pencipta peluang )
2. Inovator                  ( inovator )
3. Calcuate risk taker  ( mengamil resiko )

Siapa pencipta peluang itu ?

-Untuk memahami lebih mendalam apa itu pencipta peluang kita perlu melihat peluang dari 2 kondisi utama yang menentukan sejauh mana hal itu dapat kita raih, yaitu permintaan (demand) dan pasokan (supply).

Opportunity recognition

 Ketika peluang berhasil kita raih dalam situasi permintaan dan pasokan yang sudah jelas maka dapat kita namakan proses ini sebagai opportunity recognition. dalam situasi ini kita tidak perlu menciptakan produk baru untuk pasar dan juga tak perlu memusingkan pasar yang mana yang membutuhkan produk, baik produk maupun pasarnya sudah terdevinisi dengan jelas. CONTOH  seorang pedagang menemukan bahwa satu jenis barang dagangan tertentu ternyata serig dicari para pelanggan. Pedagang dengan jiwa entrepreneur akan mendeteksiuntuk opportuniy recognition dan dengan segera akan menyediakan barang ini dengan sejumlah yang cukup dengan aneka ragam pilihan. Sang entrepreneur cukup hanya mendeteksi kebutuhan konsumen lalu mencari pasokan dan selanjutnya melakukan transaksi dengan konsumen. Inilah cara  mendapatkan peluang dengan cara yang mendasar namun tidak semua orang memiliki sensifitas pasar yang memadai shingga dapat mengenali peluang dengan jelas.

Opportunity seeking

Dalam situasi ini seorang entrepreneur telah memiliki produk yang hendak dipasarkan namun belum tau siapa yang memerlukan produk itu. Berapa harga yang dapat diterima dan bagaimana berkomunikasi  scara efektif kepada prospek pengguna produk.Dalam opportunity seeking seorang entrepreneur akan bertanya sebuah pertanyaan mendasar bagi keberhasilan sebuah produk yaitu : siapa, dimana dan berapa besar peluangnya. Peluang adalah kata kunci yang mendahului produk , jadi ketika mendapatkan produknya terlebih dahulu  maka kita harus kembali kepertanyaan utama tentang peluang sebelum membuat program  produk tersebut.

Opportunity discovery 

Seorang entrepreneur akan melakukan opportunity discovery  bila ia memulainya dengan kebutuhan pasar yang sangat nyata. Sebuah ketidak puasan yang dihadapi oleh pelanggan. Entrepreneur akan melihat permasalahan adalah peluang . Kesulitan adalah kesempatan mereka akan terpicu  untuk menemukan solusinya dan memasarkan solusi tersebut. Proses men " Discovery:( menemukan dengan sengaja)  solusi tersebut adalah proses opportunity discovery.

Opportunity creating

Ini adalah tingkat tertinggi dari kreativitas  seorang entrepreneur membangun sebuah bisnis bukan karena sudah ada permintaan pasarnya, atau karena sebuah produk sudah  hadir terlebih dulu. Sang entrepreneur menemukan ( menciptakan)  sesuatu yang out of the box. Ia berhasil mengembangkan sebuah produk atau jasa  yang blue ocean  atau yang belum ada.

Calculate risk taker ( meengambil resiko yang teukur) 

Cara yang ketiga ini  bahwa entrepreneur menunjukkan keberaniannya dengan cerdas bukan asal tubruk. Terdapat 3 kegiatan yang menunjukkan bhwa seorang entrepreneur sedang melakukan pengambilan resiko yang teukur.
Pertama : ia akan melakukan survei dan riset pasar untuk mengumpulkan informasi. Tujuannya adalah pengambilan keputusan yang tepat. Pengmbilan keputusan pada proses bisnis dapat menjadi pokok awal yang menentukan.

Decition skill           Planing skill            Execution skill

Keberhasilan execusi lapangan tergantung pada kemampuan melakukan perencanaan ( business plan)  dan perencanaan yang kita persiapkan  tergantung pada keputusaan keputusan yang kita buat.
Bahkan dalam saat pelaksanaan pun  entrepreneur harus terus membuat keputusan, dan keputusan yang ia lakukan akan tepat bila ia  melakukan informasi yang tepat dan cukup  selain kemampuan ia sendiri  mengolah informasi.

Yang kedua adalah verifikasi asumsi. dalam membuat perencanaan adalah akan terdapat asumsi asumsi. Misalnya mengasumsikan bahwa daerah A akan menerima produk baru kita, Konsumen type B akan  membeli lebih dari satu, okasi C akan menciptakan banyak trafik pelanggan dan sebagainya. Seorang pengambil keputusan yang terukur akan melakukan verifikasi dengan kembali melakukan survei pasar. Memang pelanggan dan pasar fokus perhatian utama entrepreneur dalam berkarya.

Yang ketiga adalah membuat perencanaan  yang erangkum semua informasi, mendeskripsikan tujuan, target  setrategy dan pengelolaan sumber sumber untuk mencapai sasaran. inilah yang biasa kita sebut rencana bisnis atau business paln. Business plan walaupun itu sebuah pekerjaan yang tampaknya " administratif "  memiliki fungsi penting antara lain :
* Memperlihatkan road map untuk mencapai tujuan.
* Menunjukkan adanya sebuah rencana  yang komprehensif dan terstruktur.
* Menunjukkan adanya pengelolaan sumber sumber  yang dibutuhkan untuk mencapai hasil.
* memberikan informasi untuk evaluasi
Apakah yang dapat mengukur sebuah rencana bisnis telah siap  untuk dipresentasikan  dan dilaksanakan dilapangan ?

Pertanyaan pertama

Apaka anda sangat passionate untuk menjadi seorang entreprnaur ?

-Kalau anda ingin berhasil dalam entrepreneurship anda harus memiliki keinginan yang sangat besar, semangat baja dan percaya diri untuk enjadi entrepreneur. tidak bisa iseng iseng untuk jadi entrepreneur , motivasi iseng iseng tidak cukup kuat untuk menghadapi tantangannya. anda harus rela dan bradi bekeja pada jam yang sangat panjang. mencoba hal yang baru, tetap berusaha walau ditolak dan diaabaikan, mau belajar dari kegagalan dan sebagainya.

Kedua

Apakah anda  melihat sebuah kesempatan besar melayani pasar secara kreatif ?

- Kerap saya meliht banyak orang gagal  dalam berbisnis karena tidak melihat peluang secara kreatif. mereka hanya mengcopy keberhasilan orang lain tanpa menambah nilai kreativitas kedalam produknya. Ada berapa banyak pelluang sesugguhnya ? Banyak sekali , tidak terhitung. Masalahnya anda harus melihatnya dengan kacamata kreatif. Berapa banyak peluang yang bisa anda lihat tergantung sejernih apa kacamata kreatif anda.

Ketiga

Apakah anda memiliki sebuah produk inovatif yang ketika anda tawarkan maka prospek anda idak mampu mengatakan tidak ?

-sebuah produk inovatif memberi nilai tambah yang paling maksimum sedeikian rupa sehingga konsumen tidak mampu mengatakan tidak ketika anda menawarkannya. Oleh karena itu verifikasi asumsi asumsi anda. lakukan uji pasar dan perbaharui terus ide anda sampai  anda yakin  pelanggan tidak mampu mengatakan tidk ketika anda menawarkannya.

Keempat

 Apakah anda memiliki kapasitas untk memenangkan persaingan seara efektif ?

- Pasar yang kita hadapi adalah pasar bebas  yang membuka pintu ebar kepada persaingan. Jangan pernah mencoba masuk kedalam pasar tanpa memperhingkan apa yang dan akan dilakukan oleh pesaing. Pastikan bahwa pelanggan akan memilih anda. Nasihat bisnis ini perlu anda pikir baik baik " Be better not behind, if you are not better be different kalau belum bisa be better daan be different  pekerjaan rumah anda belum selesai.

Kelima

Apakah anda tau bagaimana menghasilkan produk atau jasa  yang ingin anda pasarkan dengan cara paling efisien ?

Setelah anda dapat memastikan  bahwa pelanggan bisa anda capai dan bisa anda puaskan maka pihak selanjutnya yang akan anda puaskan  adalah pemegang saham da karyawan perusahaan mereka harus anda layani dengan marjin laba yang cukup untuk gaji dan dividen yang memuaskan. Oleh karena itu lakukanlah explorasi berbagai kemungkinan produksi yang temurah namun dengan kualitas yang terbaik.

Keenam

Apakah and tau caranya mendanai keseluruhan usaha baru anda dengan biaya termurah serta rsiko terendah sementara hasil terbaik tetap anda dapatkan ?

 - Ada berbagai cara untuk mendanai usaha baru dan ada beragam rsiko yang bisa terjadi  anda bisa meminjam uang dari keluarga , teman ,tetangga,  atau dari bank. Anda bisa mengajak teman menjadi pemegang saham atau mengundang modal ventura untuk ikut memulai usaha. Setiap pilihan memiliki plus dan minus tersendiri. hasil akhir dan resiko yang berbeda.  Oleh karen iu jangan hanya membuat model bisnis kembangkan berbagai alternatif dan pili yang terbaik.

Ketujuh

Apakah anda siap mengadapi tuntutan kerja keras, resiko gagal dan rugi ?

-Tidak ada gading yaang tak retak, tidak  pernah ada rencana yang sempurna. Dari pengalaman saya perubahan dapat erjadi kapan saja oleh karena itu penyesuaian" harus tetap dilakukan.
Walaupun demikian resiko gagal maupun rugi  ataupun resiko malu karena gagal tetap ada, lakukan kalkulasi sebelumnya dan pastikan anda berani mengadapinya. 

Salam entrepreneur dan semoga sukses menjadi pengusaha amin ya robbal alamin....  





























"
           





        





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar