Rabu, 30 Januari 2013

JR # 3 PEMILIHAN LOKASI USAHA

                                               BAGAIMANA MEMILIH LOKASI USAHA 

Pemilihan lokasi bagi calon pengusaha sangatlah penting karena dapat mempengarui usaha kita.

Bagaimana sih sebaiknya memilih lokasi toko ? 

1. Dekat dengan target market 

Pastikan siapa target market produk anda, apakah untuk kalangan tertentu, umur tertentu. Atau mungkin lebih specifik lagi.. Satu nilai tambah untuk toko anda, bisa menjangkau market lebih dekat,sehingga costumer lebih mudah untuk mengunjungi, lebih hemat waktu maupun biaya bagi costumer.

Lokasi yang saya ambil diarea pasar yang sudah jelas marketnya selain diarea pasar lokasinya juga berada di pinggir jalan raya dua arah. lokasinya arah orang berangkat ke pasar. lokasinya sangat setrategis mempunyai keunggulan karena lokasi berada dipinggir jalan raya yang menghubungkan kota kediri dan kota blitar.

2. Gampang terlihat ( viewable )

Bisnis ritel, apabila distro fashion lokasi yang setrategis dan gampang dilihat, akan sangat memudahkan menarik costmer dan meminimalisir biaya promosi ( pengenalan lokasi misalnya ) apalagi ditambah dengan papa nama / signage yang mencolok, unik mencolok sekaligus eye catching.

 Saya juga akan memasang papan nama/ signage yang mencolok agar mudah dilihat orang.

3. Traffic

Arus lalu lalang orang atau kendaraan.... untuk konsep toko atau distro yang menganut konsep independet store.( Berdiri sendiri diluar komplek pertokoan, pusat perbelanjaan, mall ).kepadatan traffic akan berpengaruh terhadap pengunjung toko.

Lokasi berada dipinggir jalan raya arus lalu lalang orang plang dan pergi dari pasar maupun orang yang mau bepergian kekediri maupun ke kota blitar. Jalur dua arah sehingga dari kanan maupun kiri jalan tetap bisa memutar  jalan untuk langsung ke rumah makan kami. 

4. Akses

Penting juga diperhatikan arus lalu lintas apakah satu arah atau dua arah, apakah letak posisi toko kita pada arah orang pulang beraktivitas atau orang berangkat beraktifitas, bagaimana cotumerr mudah mengakses menuju toko kita, apakah edian jalan sehingga perlu memutar balik apabila menggunkan kendaraan.

posisi lalu lintas dua arah letak posisi rumah makan pada arah orang berangkat beraktivitas.

5. Sharing area atau monopoli area

Pertimbangan peilihan lokasi seperti ini, sama sama mempunyai resiko.

Sharing area

Adalah lokasi yang kita pilih dengan alasan lokasi tersebut sudah ada toko sejenis maupun kompetitor, Otomatis resiko memilih, lokasi seperti ini kita sudaah siap untuk berkompeisi segala hal. Akan tetapi keuntungannya kita masuk diarea yang pasti sudah ada market, idak perlu mensurvei lagi, selain itu kitatidak perlu mengedukasi pasar lagi.

Letak lokasi berada diare pasar sehingga terdapat banyak pesaing disana.

Monopoli area

 KIta memili lokasi yang benar benar belum ada pesaing, dengan resiko kita harus mengeluarkan biaya extra untuk mempromosikan toko kita, perlu offort waktu dan biaya. Akan tetapi karena kita sendiri ada diarea tersebut, maka kita akan lebih leluasa menetapkan harga, menikmati margin karena relatif tidak ada kompetitor.

memang tidak ada kompetitor namun jauh dari keramaian pasar,,, cumaan rame arus lalu lintas orang lalu lalang.

6. Biaya sewa

Lokasi toko yang setrategis otomatis mempunyai harga sewa yang tinggi.
Bagaimana kalau selisih harganya dengan lokasi lain yang kurang setrategis cukup besar ?? sepanjang selisih harganya masih tercover dengan potensi yang akan didapat, lebih baik memang memilih tempat yang setrategis walaupun harga akuisisinya lebih mahal.

Harga sewa bisa disurvei dulu jika memang harganya cocok dengan lokasinya bukan masalah karena lokasi adalah penentu keberhasilan usaha.
kalau saya tidak menemukan lokasi diarea pasar sasaran lokasi yang saya ambil berada dilokasi depan rumah saya sendiri jadi saya tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat usaha.

7. Legalitas

Aspek legal wajib diperhatikan, jangan sampai mengabaikan hal ini, terlalu beresiko apabila kita sudah memutuskan memili lokasi tetapi dikmudian hari bermasalah secara dalam hal perijinan, regulasi kawasan serta lingkungan sekitar.

8. Lingkungan sekitar

Jenis usaha dikanan kiri toko kita sedikit akan  berpengaruh terhadap image  dan tidak langsung mempengaruhi minat kunjungan costumer, CONTOH distro akan lebih cocok ada dideretan warnet, game, cafe terlalu memaksa diri apabila samping distro ada bengkel motor, toko bangunan

Terlepas dari hal hal tersebut diatas, faktor insting bisnis sedikit banyak akan sangat berpengaruh dalam hal memilih lokasi tempat  usaha / toko. Semakin sering kita menjalaninya akan semakin mudah kita  untuk memili lokasi yang paling cocok, sehingga meminimalisir kerugian investasi dikemudian hari.

Untuk mengatasi hambatan pesaing bisnis yaitu kita harus selalu membuat inovasi inovasi baru supaya kita bisa memenangkan persaingan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar