Rabu, 27 Februari 2013

kelas skype tentang retail 24.02.2013


saya hari ini mau share tentang retail ya
tari_shoe
5 R { Etos kerja orang Jepang } adalah 5 langkap penempatan kondisi kerja yang terdiri dari  Seiri=Ringkas,Seiton = Rapi, Seiso = Resik, Saiketsu = Rawat dan Shitsuke = Rajin
jadi begini ya
Manajemen Retail ....
oke coba saya pengen tau dulu dong, pengertian manajemen retail itu apa sejauh kalian tau ya... monggo di jawab mas dan mba

ya saya tadi terakhir tanya, apa pengertian dari manajemen retail yg kalian ketahui
 ignsap: nah skrg gini ya, kita disusi aja, dan kamu jawab ga usah pake liat buku segala
 ignsap: kamu jawab sesuai dengan apa yg kamu pikirin  ignsap: saya tanya nih, kalo kita ngomongin retail, maka apa aja yg kamu pikrkan  ignsap:
 ignsap: ayo semua nya dong ya, saya tunggu 3 menit jawabannya, semua nya harus nyumbang jawaban

apa yg terpikir di otak kamu, ketika kamu mengdengar kata "RETAIL"
 ignsap: good neza, LOKASI

Manajemen ritel adalah pengaturan keseluruhan faktor-faktor yang berpengaruh dalam proses perdagangan ritel,yaitu perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.
 ignsap: nah itu bener di, TOKO

nah tya, singkat kata aja apa
 ignsap: LOKASI
 ignsap: TOKO
 ignsap: DAGANG
 ignsap: tul
ya temen temen, semua bisa sebutin hal hal yg terkait dengan retail ya
iya stock

tadi lokasi udah disebutin
 ignsap: harga juga betul buat cewek emang harga paling pent ignsap: oke cukup jawabannya
 ignsap: saya jelasin dikit ya

pleace , price , produk , promotion yg ku tau pak
 ignsap: tya@ ya itu bener, tapi yg kamu maksud itu pasti MARKETING

oke, setiap kali saya tanya tentang retail di setiap kelas yg saya bawakan, semua selalu menjawab tepat
 ignsap: ada lokasi
 ignsap: ada toko
 ignsap: ada dagang
 ignsap: ada discount
 ignsap: dan sebagainya
 ignsap: semua itu tentang retail

kenapa kok semua bisa tau ? karena sesungguhnya retail itu ada dimana mana
 ignsap: retail adalah model bisnis paling umum
 ignsap: dan paling banyak di seantero dunia
 ignsap: karena itu, sesungguhnya pengetahuan mengenai retail itu sudah anda miliki

kenapa kok semua bisa tau ? karena sesungguhnya retail itu ada dimana mana
 ignsap: retail adalah model bisnis paling umum
 ignsap: dan paling banyak di seantero dunia
 ignsap: karena itu, sesungguhnya pengetahuan mengenai retail itu sudah anda miliki

lokasi harus bagus, harus yg strategis
 ignsap: strategis nya gimana ? yg banyak orang lewat
 ignsap: dan sebagai sebagainya
 ignsap: nah, materi retail saya rasa sudah banyak diberikan ya di edmudo oleh pak nur, saya ga mau bahas itu lagi, karena kamu kan bisa baca sendiri
 ignsap: saya mau membahas tentang bagaimana strategi RETAIL MANAGEMENT

kalo tadi retail ada yg bilang = toko pak
 ignsap: ya kan ya
 ignsap: kalo resto termasuk retail ?
 ignsap: cafe ?

atau apa aja yg termasuk retail yg kamu tau?
 ignsap: kenapa resto termasuk retail min ?

supermarket
 andrianto riyadi: Cafe,
 tya mawar I-GIST HK: karaoke , restoran ,
 ignsap: jadi kalo gitu, RETAIL itu apaan ??
retail adalah suatu usaha yg berhubungan langsung dg konsumen

betul NEZA
 ignsap: ini kunci nya ya
 ignsap: bisnis ini harus berhubungan dengan konsumen langsung
 ignsap: itu RETAIL

Yg berhubungan langsung dg konsumen
 ignsap: kalo jualan online mu di, termasuk retail ?
 tari_shoe: Retail adalah suatu usaha yang berhubungan langsung dengan konsumen,,

retail non store
 ignsap: retail non store ? apaan itu

kita sepakat ya, bahwa RETAIL itu salah satu model business dimana kita sebagai entrepreneur berhubungan dengan konsumen secara langsung
 ignsap: baik lewat toko (lokasi) atau pun lewat dunia maya (internet)
gitu ya sepakatnya

kalo gitu ada 2 hal penting ya
 ignsap: kita sebagai entrepreneur

dan pelanggan
 ignsap: saya dan dia
 ignsap: saya entrepreneur, dan dia pembeli saya...
 ignsap: gitu ya

mari kita lihat dan pahami fungsi dan tugas masing masing nya kalo gitu ya
 ignsap: apa tugas saya sebagai seorang entrepreneur retail ??
silahkan dijawab mba mba dan mas mas

jawab
 nezachacha: menyediaka barang yang dibutuhkan pelanggan
 andrianto riyadi: Pembeli
 Jasmin kesheleo: menciptakn peluang
 widya lilyain: Tugas pembeli adalah memilih bilah cocok dan bagus dibl dan tugas entrepreneur adalah menawarkan agar dia mau membeli

betul banget
 ignsap: menyediakan barang untuk pihak pelanggan
 ignsap: itu satu
 ignsap: terus apa lagi
 ignsap: jasmin kurang tepat
 tari_shoe: Menciptakan atau menyediakan  dan Mencaritau  apa2 yang dibutuhkan oleh pelanggan kemudian kita menjualnya,,,

memberikan pelayanan dan menyediakn barang yg di butuhkn konsumen
 ignsap: pertanyaan saya apa tugas pihak entrepreneur

dan sekarang kita balik ya, kalo saya sebagai entrepreneur bertugas untuk menyediakan barang yg di butuhkan oleh pembeli
 ignsap: maka apa fungsi si pembeli ???
 ignsap: silahkan mas dan mbok
funsi pembeli memilih dan membeli baran atau jasa yang sesuai kebutuhan mereka
tugas pembeli ada beberapa

customer,,yang memberikan nilai atau harga dari suatu apa yang kita sediakan pak,,
 ignsap: betul gak
 ignsap: wah ini tari paling betul ini
 ignsap: ada satu lagi yg paling dalem dalam business retail guys
 ignsap: pembeli bertugas sebagai media promosi kita
 ignsap: yes, ini yg pualing penting

jadi waktu kamu berbisnis retail, inget inget itu ya, bahwa sebenernya si pembeli ini adalah orang promosi kamu
widya lilyain

jangan berpikir bahwa, pembeli ya dateng terus beli ya wes bos selesai
andrianto riyadi



Istilahnya mulut ke mulut ya pak
 widya lilyain: nyambung
 ignsap: kalo kamu mikir gitu, abis kamu udah bye bye bangkrut
sri aminah

so, setelah ini kita akan coba merangkai strategi tapi pikiran nya satu ya, bahwa kamu mau menyenangkan orang itu karena orang itu bukan cuma kasih duit saat ini doang, tapi dia HARUS KUDU WAJIB ngomong yg baik baik sama orang lain
 ignsap: itu fungsi nya si pembeli untuk kita
 ignsap: saya kasih contoh ya

 ignsap: ya apapun istilah nya
 ignsap: saya ada cerita nih, cerita pengalaman pribadi
 ignsap: gak tau saya cerita belon ya
1 tahun yg lalu ada temen saya namanya IVAN
dia ajak saya patungan bikin kedai MIE AYAM
jadi pembagiannya, saya modalin dia 30 juta terus dia yg jalanin

lokasi nya sangat strategis karena didepan kampus besar di bogor
 ignsap: oke saya bilang, saya bantu deh....
 ignsap: jalan bulan pertama omzet nya bagus banget
 ignsap: sehari kejual 50 mangkok
 ignsap: saya happy dong

bulan kedua udah mulai nurun nih sehari cuma 25 mangkok kan
 ignsap: bulan ketiga malah habis sama sekali, sepiiii kaya kuburan




kok bisa Pak...?
 ignsap: saya salah sih waktu itu saya ga pantau betul betul
 Jasmin kesheleo: pasti dari segi rasa kurang memuaskan
 ignsap: nah terakhir saya tanya sama dia, kok bisa gini van
 widya lilyain: pelayanan...?

bagaimana ceritanya ko jadi sepi
 Jasmin kesheleo: dan kurang di perhitungkn y pak
 ignsap: ya sama kayak kamu, saya curiga mie nya gak enak
 ignsap: tapi engga kok mie nya sangat enak sekali
 ignsap: saya penasaran saya ikut jualan tuh
 ignsap: seminggu kalo ga salah saya jadi tukang mie ayam betulan tuh

meningkat g pak?
 tya mawar I-GIST HK: apa tuch penyebabnya pak kok bisa sepi
 ignsap: saya perhatin saya perhatiin, nah saya langsung sadar
 ignsap: ini si ivan ternyata jualan cuma untuk jualan tok
 ignsap: mie memang enak
 ignsap: orang dateng beli itu mie dan selesai
 ignsap: orang itu ga ngomong ke orang laen kalo mie nya ini enak
 ignsap: karena apa, karena ivan ga berusaha untuk itu ....
 ignsap: mudeng ga tuh
 ignsap: sebagai contoh ya


begitu si pembeli datang, kemudian pembeli pesen MIE AYAM 1 mas ya
 ignsap: ya ivan kasih itu mie ayam, dan selesai
 ignsap: si pembeli bayar kemudian pulang
 ignsap: sampe rumah, ya dia ga ngomong apa apa







kurang promosi y pak
 ignsap: bukan kurang promosi ya
 andrianto riyadi: Kurang rahmah
 tya mawar I-GIST HK: gk ada add value nya ya pak
 ignsap: karena IVAN BERPIKIR BAHWA PEMBELI YA PEMBELI
Jasmin kesheleo: kurang senyum pelit bicara

PEMBELI DATANG, PEMBELI MAKAN, PEMBELI PULANG SELESAI
 nezachacha: coba kalau dikasih free untuk dibawa pulang , kan orang rumah bisa ikut nyobain
 andrianto riyadi: Berarti cara berpikirnya
 ignsap: karena itu ya sodara sodara, strategi utama dari retail, adalah, tanemin di otak kita, bahwa ini orang nih bagian promosi kita ignsap: ngerti ya, tujuan kita bukan cuma dia beli doang
 ignsap: tujjuan kita adalah, supaya DIA PROMOSI KE ORANG ORANG






itu dia rahasia retail
 tya mawar I-GIST HK: mengerti pak



keliatannya sepele tapi kalo ga direncanakan ya ancur
 widya lilyain: bagaimana cara memastikan orang lain turu membeli apa yang kita jual...



pertanyaan bagus ya widya
 ignsap: BAGAIMANA CARA MEMASTIKAN ORANG LAIN ITU NGOMONG BAIK DAN PROMOSIIN KITA
 ignsap: saya ambil aja contoh langsung ya




misal nya kita mau buka warung rokok
 ignsap: warung rokok kecil aja biasa
 ignsap: nah berdasarkan aturan yg tadi kita bicarain, bahwa kalo pembeli datang, maka si pembeli ini harus ngomong sama orang lain waktu pulang
 ignsap: gimana STRATEGI kita ???



silahkan ada usul ??
 ignsap: ajak bicara gimana min
 tya mawar I-GIST HK: stateginya ya kita harus punya nilai tambah pak ,
 Jasmin kesheleo: di ajak ngobrol trs di tanyain gmn rasaY mie yg dia beli di kita
 andrianto riyadi: Kita ramah,terus pesan jangan lupa datang lgi bawa temen
 ignsap: apa itu pasti dia ngomong min ?



di murahkan harganya ,atau sambil ngobrol biar akrab,kalo dah akrab pasti dia mau mempromosikan dagangan kita
 ignsap: ada satu warung kopi di surabaya tuh baru buka
 Jasmin kesheleo: rasa hrs enak
 ignsap: gila tempatnya itu terpojok benerrrrr
 ignsap: lokasi jelas JELEK POOLLL
 ignsap: tapi pas hr selasa lalu saya diajak pak sandy = temen dosen saya kesana
 ignsap: dia terus terusan bilang gini kesaya



tapi rasa enak orang pasti mencari
 ignsap: pak nanti saya ajak kesana ya pak
 widya lilyain: terus gimana pak?
 ignsap: HARGA SINTING



wes si pak sandy cuma bilang itu aja ke aku loh
 ignsap: HARGA SINTING


saya penasaran lah jelas tya mawar I-GIST HK: maksudnya />/? sangat murah gitu pak?
 ignsap: malem nya saya dateng kesana dan tau gak yg saya liat apaan
 ignsap: RAMEEEE POLLL itu tempat



ngantri orang
 ignsap: saya cobain kopi nya ya biasa aja tuh
 ignsap: harga nya 10 rb memang murah sekali
 tya mawar I-GIST HK: apa yg special dari warung itu pak?
 sri aminah: saking murahnya ya pak
ignsap: tapi bukan itu strategi ciamiknya



Harga iyu yang jadi perbandingan pak
 ignsap: tau gak dari mulai di pintu, di kasir, di KAMAR MANDI, semua nya ada TEMPELAN GEDE GEDE
 ignsap: HARGA SINTINGGG


membuat sesuatu hal yang bikin orang lain penasaran,,

membuat sesuatu hal yang bikin orang lain penasaran,,

tapi kalo dia ga tempelin itu stiker HARGA SINTING

untuk membuat penasaran orang lain tu harus beda ya pak

maka itu warung jadi murah doang kan, orang dateng kesitu, minum kopi, bayar dan pulang

promosinya unik tuch pak


bisa ngerti ga cerita saya
 andrianto riyadi: Inovatif


kalo itu warung jualan kopi harga murah doang ya
 ignsap: itu akan biasa



si pak sandy ga akan ngajak saya kesana
kenapa si pak sandy gak akan ngajak saya kesana ?, karena dia juga bingung mau promosiin itu warung ke saya gimana

jadi promosi mulut ke mututnya berjalan bagus ya pak
 ignsap: tapi karena warung itu membantu pak sandy untuk promosiin warung itu kesaya dengan cara menempel stiker HARGA SINTING di pintu masuk, bangku, bahkan WC nya

maka otomatis itu kata kata HARGA SINTING masuk ke otak pak sandy dan dia inget terus itu kata kata ignsap: tau ga nama warung itu apa ???
 ignsap: nama warung nya adalah BO CUAN GA APA APA
 ignsap: tuh saya aja sampe promosiin ke kamu kan

Maksudnya  BO CUAN GA  APA APA
 ignsap: ya itu nama warung nya
 ignsap: warung BO CUAN GA APA APA
 ignsap: masa orang hongkong ga tau BO CUAN


NAMA NYA SAJA DAH BIKIN PENASARAN
 ignsap: BO CUAN itu bahasa cina yg artinya RUGI
 sri aminah: hehe ya betul pak dari keunikan nama dan membuat kita penasaran untk mencobanya
 ignsap: jadi itu nama warung "RUGI GA APA APA"
 ignsap: ciamikkk bener ya strategi nya

 ignsap: kagak tau deh
 ignsap: jadi saya ulang ya
 ignsap: coba kita pahami ya
 ignsap: itu warung jual kopi tok
 ignsap: warung kopi
 ignsap: harga nya emang murah


Warung kopi yang unik
 ignsap: dia jual kopi dengan harga murah
widya lilyain: harga murah bikin penasaran

kalo dia ga ngerti bahwa PEMBELI ADALAH ANAK BUAH KITA BAGIAN PROMOSI
 widya lilyain: mungkin juga rasa juga enak
 ignsap: maka hancur itu
 ignsap: tapi warung itu memang ciamik entrepreneurnya
 ignsap: dia berpikir bahwa, pelanggan yg masuk ke warung gw harus jadi bagian promosi gw
 widya lilyain: aku juga penasaran apa to pak ciamik tu?

 ignsap: karena itu dia pake satu slogan yaitu "HARGA SINTING" dan dia tempel ini di pintu masuk, di WC dan di MEJA dengan tulisan sebesar besarnya, kemudian dia pake nama unik yaitu BO CUAN GA APA APA
 ignsap: alhasil itu warung kopi berhasil
 ignsap: ngerti ga ya yg saya ajarin
 ignsap: semoga ngerti ya, susah nih lewat skype ya

cara berpromosi nya  yang membuat dia sukses
 ignsap: coba bisa gak saya minta tolong, jelasin lagi apa yang saya maksud ... saya pengen tau aja



dan nama tu nama juga membawa pengaruh dalam berpromosi
 tari_shoe:  strategi untuk menarik minat  pasar kan pak?
 tya mawar I-GIST HK: setrategi untuk menarik pelanggan pak
 andrianto riyadi: Strategi ketok tular
 sri aminah: mempromosikan dengan nama yang unik akan membuat orang penasaran dangampang di inget dan lucu pasti juga kita akan ikut mempromosikan nyapak
 widya lilyain: tadi begi warung kopi  menarik pelanggan dengan cara memasang stiker dan melalui pelangga lain aga orang lain jg tertarik pada apa yang dijual warung warung tersebut yaitu kopi
 widya lilyain: nama ,yang unik ,mepromosikan lewat poster    yang jg punya nama unik yang jadi penasaran orag
Pelanggan media promosi,jdi setiap pelanggan yg datang harus berkesan dg sendirinya akan cerita ke. Temanya

oke ini saya tulis gede gede ya
 tya mawar I-GIST HK: dengan nama yg unik dan stiker yg unik juga ,membuat pembeli yg datang ,juga mempromosikan kepada org lain untuk datang dan juga membeli .
 widya lilyain: duh salah ya
 ignsap: STRATEGI RETAIL : SELALU INGAT BAHWA FUNGSI PEMBELI BUKAN CUMA KAMU SURUH BELI BARANG KAMU, TAPI INGAT BAHWA KAMU HARUS JADIIN DIA PROMOSI KAMU

selesai udah, dijamin sukses
 ignsap: saya kasih contoh ya
 ignsap: riyadi misalnya
 andrianto riyadi: Ya paham bgt
 ignsap: dia punya web site kan ya riyadi
 ignsap: apa yg kamu jual ??
 ignsap: ini contoh ya

ya lewat pembeli tadi pak web setnya
 ignsap: jual apaan
 ignsap: 1. pastikan produk atau jasa yg kamu jual dibutuhkan orang lain (INI HUKUM WAJIB DI DUNIA PESILATAN EH PEDAGANGAN)
 widya lilyain: menjadikan pembeli tadi media promosi kita
 ignsap: misal tadi ada yg tanya sama saya ya
 ignsap: showroom mobil
 ignsap: oke kamu jual mobil bekas kan gitu ya

apakah mobil bekas dibutuhkan orang lain ???
 ignsap: ya dibutuhkan oleh orang yang mau beli mobil tapi ga punya duit untuk beli yg baru kan gitu ya
 widya lilyain: ya biasanya begitu pak
 ignsap: so, udah pasti pembeli kamu itu orang yg punya duit tapi ga punya duit banyak banyak amat kan
 ignsap: alias kalangan menengah
nah abis gitu kamu buka itu showroom dan pajang itu mobil mobil nya gitu kan

tapi pertanyaan saya, apa yg kamu lakukan supaya orang yg dateng ke showroom itu akan ngomong ke sebanyak banyaknya orang tentang KEREN nya showroom kamu??
ignsap: itu yg penting

SPG yg cantik cantik ? coba kamu pikir apakah dengan SPG yg cantik cantik orang akan datang kesitu kemudian dia cerita sama orang orang sesuatu yg TEPAT??
 ignsap: bisa bisa dia cuma cerita, EH SHOWROOM ITU SPG NYA CANTIK CANTIK
 ignsap: orang dateng kesitu untuk liatin SPG DOANG beli mah kaga
 ignsap: bisa gitu ya ?

biasanya sebelum beli kan mereka pasti mencoba bagaimana mesinya enak gak begi
 ignsap: nah kekuatan strategi itu kurang bagus nak

Dalam menjalankan bisnis ritel,pelanggan utama akan berpromosi atau tidaknya juga tergantung dari nilai bisnis yang kita jalankan kalo kita sdh mendapat pengakuan dan  bisa mencari ide2 unik untuk membuat orang lain penasaran dgn  bisnis kita maka pelanggan satu akan mempromosikan bisnis kita ke orang lain lebih cepat karena mungkin dianya sendiri juga merasa terkesan dgn cara kita berpromosi
[2/24/2013 12:41:14 AM] ignsap: yup tari
[2/24/2013 12:41:29 AM] ignsap: disitu letak innovasi dan kreatifitas kita pada business retail

harus ada strategi, bagaimana agar orang yg datang menjadi alat promosi kita
[2/24/2013 12:42:11 AM] ignsap: kita hrs bantu dia untuk bicara ke orang lain
[2/24/2013 12:42:41 AM] ignsap: misalnya kaya warung kopi tadi, dia bantu betul kan dengan slogan singkat namun kuat yaitu HARGA SINTING
[2/24/2013 12:43:25 AM] tari_shoe: iya itu ide gila nya,hehehe
[2/24/2013 12:44:32 AM] ignsap: yup
[2/24/2013 12:44:34 AM] ignsap: hehehehe
[2/24/2013 12:44:39 AM] ignsap: keren ya

so temen temen, strategi jangan pernah lupa ya
[2/24/2013 12:45:16 AM] ignsap: itu yg membedakan kita dengan orang lain yg cuma sekeder buka usaha retail dan selesai
[2/24/2013 12:45:24 AM] widya lilyain: punya ide gila dan unik biar laris manis tuk menarik planggan
[2/24/2013 12:46:01 AM] widya lilyain: Pak kemna yang lain pada hilang
[2/24/2013 12:46:16 AM] sri aminah: kira2 ide gila apa yang membuat orang penasaran
[2/24/2013 12:46:27 AM] ignsap: nah bagus itu pertanyan nya sri
[2/24/2013 12:46:40 AM] ignsap: BAGAIMANA MENYUSUN IDE GILA ITU ??
[2/24/2013 12:47:10 AM] ignsap: kuliah saya berikut ya
[2/24/2013 12:47:18 AM] ignsap: BAGAIMANA MENYUSUN STRATEGI IDE GILA
[2/24/2013 12:47:33 AM] ignsap: nah kapan ya kuliah berikutnya, saya pengen nya smeua hadir nih
iya pak,dan ini mayoritas yang dilakukan kebanyakan orang.Istilahnya hari ini kerja yang penting dapet uang,dagangan habis tapi tanpa tau untung atau ruginya yang sehingga menyebabkan kadang jualan kadang tidak,yang pada akhirnya akan mematikan pelanggan kita sendiri.

Tari@ iya betul sekali... harus ada perbedaan dong antara orang yg bikin usaha cuma sekedar usaha dengan kita
[2/24/2013 12:49:39 AM] ignsap: kita mau bikin usaha, tapi dengan STRATEGI
[2/24/2013 12:49:53 AM] ignsap: bukan asal asal usaha doang

iya pak dan itu yang kakak saya sendiri alami,,,, dan karena juga orang gak pernah sekolah kalo diingetin pun juga kadang masih aja bikin saya tenger2...hadeeww?? (facepalm)
[2/24/2013 12:52:40 AM] ignsap: ya wes deh, udah jam 1 disini, disana jam 2 ya, selesai ya malam ini semoga berguna
[2/24/2013 12:53:12 AM] ignsap: minggu depan saya minta tolong untuk di ingat kan ya temen temenya begabung di acara 2 jam bersama TEDDY :P
kalo ada yg mau cerita atau mau masukan masukan, ketik aja di FB yg lengkap ya, saya pasti tanggapi
selamat malam HONGKONG, salam dari INDONESIA




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar